04 October 2008

Tutup Mulutmu, Perempuan..!

museum Affandi, sore hari

pilar-pilar tak pantas disapa pilar,
ada dia di sana..
ada mereka juga,
dan aku tentu saja.

dia adalah mereka..
mereka adalah pojok-pojok itu.

semua hanya pura-pura,
tapi mereka tidak menjalani
dengan kepura-puraan..

ah, pilar-pilar ceking..
apa yang salah di sini?

apakah pigura-pigura dengan muatan
berbagai karya ini?
ataukah gedhek dari anyaman
bambu yang menjadi langit-langit ini?

aku tidak mengerti dengan bangunan
berbentuk entah ini.

kepalaku semakin pening..
tubuh-tubuh mereka semakin mengabur.
hanya baris-baris putih yang kian tampak..

aku pergi.
keberadaanku, cukup untuk menegaskan
aku diluar lingkaran mereka,
seberapapun aku berempati pada mereka..

Yogyakarta
15.55
23sept2008

7 comments:

Erik said...

Siapakah mereka sebenarnya?

Anonymous said...

jangan terlalu paksakan diri perempuanku
darwin tidak pernah berbicara tetang revolusi, meskipun terkadang tidak sempurna, meskipun terkadang harus dilakukan dengan revolusi, namun ingat, teori darwin : evolusi.

aku pikir engkau telah berusaha dengan keras,
aku pikir kamu sudah mendekonstruksi mainsetmu dengan segala daya...
bagiku, apa yang kamu lakukan sudah sangat hebat,

biarkan semua berjalan seara naluriah, jika ragu, hajar saja...
jika terasa sesak, segera hengkang...
jika muak, segera hentikan...

itulah cara manusia mengenal dirinya

63682921

meme story said...

hmmmm.. puisi yang bener2......

Djoko Wahjuadi said...

ha..ha..ha, itulah affandi..L'art pour l'art...dia tidak peduli kepada kita semua, dia hanya peduli pada seni...berkarya dan terus berkarya...siapa yang akan mengapresiasi, siapa yng akan memelihara dan siapa yang akan berempati dia tidak peduli, tidak peduli sama sekali...

goresan pena said...

erik: seperti yang saya tulis, mereka adalah pojok-pojok itu.

63682921 (m------i); masih percaya teori darwin?
mungkin benar, aku terlalu memaksakan diri, keterpaksaan cenderung menjadi boomerang untuk diri sendiri dan aku belum siap.
terima kasih teman untuk sebuah kata yang kau ingatkan 'hajar!'

meme: bener2 bingungin yah...? atau bener-bener ga jelas? hehe

pak Djoko; setuju pak..saya aja heran dengan bangunan nya, bentuknya 'entah', bingung deh...
bermakna tanpa makna, apa coba itu?

sangkhala senja said...

oh... jadi seperti itu ya adanya?
saya mulai paham. maaf.. sungguh..

lintangpanjer said...

yach..itulah dunia, penuh warna
biarkan mereka dengan asanya
biarkan mereka ada

(iya sih bu, kadang capek ngadepin mereka. kalo mau dihargai kan harus menghargai dulu ya?)