19 March 2009

Twice ! : 'sebut dua kali'

mentari tergelincir,
tergesa-gesa mengundurkan diri
hatiku terpelintir,
tergopoh melampaui hari

terlalu banyak lamun, kupantau
terngiang denyut, kala tiada
lantas kulari, cari..halau!
namun tak kuasa, namun tak ter-eja

jiwa, berjibaku
dalam tiadaku
jiwa, bersikukuh
dalam mau ku

mentari terpelintir,
panik membawa pulang diri..
hatiku tergelincir,
nyeri..kubawa pergi

lantas, kubalut petir
dalam sebilah kerikil
tuk membelah bumi,
menghantarkan diri

lantas, kupanggil nyawa
kutitipkan ruh
yang terpasung pada nafasmu
desahkanlah.. : senantiasa!

20 comments:

G said...

Sampe nahan nafas baca ini. *phew!*

sedang melamunkan apakah gerangan?

DM said...

tidakkah kau sadari,
petir yang kau balut dalam sebilah kerikil guna membelah bumi itu,
menggeletar ingin keluar.

mengapa senantiasa kau pasung?
biarkan ia mencelat,
meratu di nafasmu!

hesra said...

mbak G: ayo mbak...tarik nafas dalam, hembuskan...tarik lagi..hembuskan...tarikkkk....tahan...yak! sampe' besok...
xixixiixix....
hehe, lagian...Mbak G...kok bisa baca posting ini sambil tahan nafas?
sesek dong??

melamunkan apa yah mbak...
kerinduan...
kegelisahan...
harapan...
sign 'n time...

@ Mas DM: akhh... begitukah mas?
saya tak bermaksud memasung...
kelak, saat dia merenggangkan genggaman.. maka akan keluar dengan sendirinya kerikil itu..
biarlah hanya twice! (hehehe)

PraMesWaRi said...

Kok hanya twice Hez...
tak bisakah kau beri lebih...
supaya pasungan itu lepas?

goresan pena said...

eh... ada mbak Noengky yang cantik...

"hemmm... gimana kalo' pasungan itu tak boleh lepas??"

hehe, enggak kok... cica-cicak di dinding, juz kidding...:p

sebenarnya, dua kali itu untuk 'penyebutan'...
setelah itu, biasanya hati yang akan merapal, Mbak...

MATA HATI said...

mendampa penyerahan diri agar sepenuhnya dimiliki...

Panglatu said...

Untaian kata penuh makna... sayang saya tak mampu melapalkannya...
meraba dan merasakan maknanya...

KABASARAN said...

Wow ....kemasannya sangat Dahsyat... sepertinya aku diajak ke dunia pantun berpantun ( meskipun sampirannya sekaligus isi ) ... makna yang kutangkapa amat dalam ... ada naluri pantang menyerah, ada ketidakberdayaan yang masih menyisakan asa, ada kemarahan yang entahlah ........
Lagi lagi dan lagi dikau berhasil menyihirku.

Nyambung ngak sih ?.

anakilang said...

Hhhuff.... pas bagian akhirnya itu loh yang bikin hati jadi gimana gitu....

Bulan Luka said...

Aku rasakan getaran kuat dalam pasungan itu...

Jamal eL Ahdi said...

OOT : Kubalut Petir dalam sebilah kerikil. Kerikikil itu ditemukan Ponari , dewi dan merubahnya menjadi selebriti.

goresan pena said...

@ Mbak Yeyen Matahati: hemmm begitu juga boleh... semua kan rahasia semesta, ada di genggaman Sang Maha. kita, saya hanya sepersekian titik di bumi...
setuju ga Mbak?

@ Bang Michael Siregar Panglatu: bagaimana kalau dinikmati saja...kan tak perlu dilafalkan... baca saja bang...dengan mata dan hati...he...jadi mata baca kan?

@ Pak Kabasaran: wooowww... terima kasih Pak... selalu nyambung kok Pak... bener. kali ini pun demikian.. hanya, yang saya tulis, mungkin terlampau sederhana... hanya sebuah 'panggilan'...'ajakan'... 'bujukan' untuk melakukan sebuah ritual..:)

@ anakilang: hhhmmmpp...begitulah isi seruan di tulisan ini..memang ada di bagian paling akhir

@ Pak Budi Bulan Luka: hem... ternyata getaran itu merambat seperti gelombang yah...

@ Jamal el Ahdi: nah... dan celupan kerikil ponari itu sekarang memenuhi tiap sudut ritel di pelosok negeri, dengan judul ponari sweat...ahhh....garing!!! garing yang ga ketemu Obama...hihi...
aniwe...terima kasih...

genthokelir said...

kenapa mesti twice
kanapa mesti terperangkap dalam sepi
kenapa
hahahahaha kok malah tanya hahaha
hehehe ada ular mbak hahahaha

goenoeng said...

harus puasa 3 hari 3 malam buat nulis komen di sini.

eehhmm... apa ya ?
oiya, aku merasakan, apa itu namanya ... mmm... konklusi. ya, konklusinya di akhir tulisan (bener tulisan ya ? :P ).
kalo disitu ada 'mendesahkan nafas', aku malah jadi menahan nafas, persis seperti yang dilakukan G. hhh...

aku punya pertanyaan, 'nafas siapa itu ?'. boleh dijawab lewat imel, sms, phone (asal nggak smart), pos, dll...

Anonymous said...

belajar forex

forex

bisnis internet

internet marketing

belajar internet marketing

belajar internet marketing

internet marketing

bisnis internet

best forex robot

best forex robots

forex robots

forex robot

forex signal

forex signals

timur matahari said...

apa kabar mbak?
aku rindu dunia ini

Anonymous said...

Hepi besdey buat penulis..

Jenny Oetomo said...

Pusisinya sangat menggugah saya saat waktu yang terbuang yang terbuang dengan sia sia, tks pencerahannya

Nyante Aza Lae said...

*lantas, kubalut petir
dalam sebilah kerikil
tuk membelah bumi,
menghantarkan diri*

mo komeng ponari dah keduluan
ahh, gundala putra petir ajahh

goresan pena said...

@ Mas Totok Penguasa Gunung Kelir yang nyebelin...:(...
uuggghhhh....kenapa harus bawa2 ular sebagai senjata sih???
nyebeliiiiinnnnnn......
hehe... tapi, mungkin, biar saya bisa lebih berani yah.. itung2 terapi...gitu yah mas? hehe...

kenapa musti twice?
pertanyaan yang juga banyak ditanyakan. ibarat program KB nya Soeharto mas... dua anak cukup, so... dua kali panggil pun jadi... hehehhehe...becanda...

hem.. kenapa terperangkap sepi?
karena sepi adalah sebuah pilihan yang datang dengan sendirinya, tak bisa dipaksa datang tak juga bisa dipaksa pergi. ada hal-hal pastinya yang membuat sepi itu menjadi perangkap..ahhh...pasti Mas Tok juga pernah merasa begitu kan? pizzzz.....

@ Mas Goe: harus puasa 3 hari 3 malam? hemmm... kok sama yah???
wah... sama yah dengan Mbak G... hem.. emang sesama gemini dilarang saling mendahului yah...? xixixiixix....

nafas siapa itu?
bacalah lebih pelan.. rasakan, jawaban itu jelas disitu.
mungkin bukan 'nafas siapa' bisa juga 'nafas apa'. begitu kan?

smart? oho... bagaimana kalau ponsel saya yang berpulsa tinggal yang smart tok? gggrrrrhhhh...:D

@ Anonymous1: yah... welcome aja deh...

@ Bambang....! : wah.. sahabat ku yang menghilang lama..kemana saja kah? rinduku terbang menyusuri lembah menuju sumatera... xixi...membawa pesan agar kau datang segera... wah, lebay deh...
aniwe... kabar baik... bagaimana dengan dirimu?
segera lah pulang.... membenahi rumah... banyak perdu kulihat disana...:)

@ Anonymous yang ini pasti Ando: iyah... terima kasih... wah, saye dapat hadiah terspecial tahun ini... asyiiikkkk... my teddy near from ponti city.... cihuuuyyyy...

@ Mas Jenny : wah, tak menyangka saya mas... puisi sederhana ini menjadi sebuah pencerahan untuk mas jenny... aihhh... semoga saja bermanfaat... saya jadi terharu. terima kasih...
datanglah lebih sering...saya akan lebih bersemangat untuk menulis dan menulis lagi...:)

@ Mas Kurnia: huaaa... ponari emang lagi menguasai jagad infotaiment mas...
dan gundala pura petir? yahhh... dia putra mahkota penguasa jagad yang sedang berusaha merubuhkan tahta ponari... huiiiiihihihihihih....

terima kasih all....:)