16 December 2008

Ratri itu Sunyi

Seperti sore itu,
beranjangan menukik mendarat
di tanah gersang dengan sejumput
biji-biji rumput lalu terbang kembali..

Jemariku memetik helai-helai
kembang gulma,
kemudian mulutku mengecap
batangnya,
tanpa rasa..
tapi tetap saja.

Sehingga,
di kala mata terjaga seksama
aku takkan terkecoh hanya sebatas
indera.

Ada rasa, yang terkecap
ada nikmat..
yang mampu bangkit dengan
membisunya indera.

ada yang kuasa atas itu, semua.
Dia; Hanya Dia

Dzat.

Jogja,
16 Des 2008
02:37 dini hari
dalam lemahnya raga

9 comments:

ARIEF FIRHANUSA said...

"Dia" ini Illahi ya Zra? Sependapat dengan puisimu kalau begitu.

goenoeng said...

raga ?
yg membuatmu tersenyum...
membuatku geleng kepala...
kok bisa ?

djoko wahjuadi said...

..mbak..kok bisa sedekat itu sih sama DIA...??!! saya sdh tua (banget)...masih saja sering terlena...mengacuhkannya...salut...!!!

Ullyanov said...

Duuuhhh...bagus banget puisinya. Walopun saya ga paham banget pesan yang ingin disampaikan melalui puisi ini, tapi saya ngiri: kenapa saya ga bisa bikin puisi. Saya dari dulu pengen bikin puisi, tapi ga pernah sukses.

Budiawan Hutasoit said...

terus terang saya ngga begitu2 ngerti sama puisi..
ga papa kan ya..

saya suka sama kalimat terakhir..

02;37 dini hari..dalam lemahnya raga

tuh kan benar saya o'on dalam mengerti puisi...hiks.hiks.

Jahid KLW said...

Benar...hanya DIA dan DIA yang maha
Maha mengukir segala rasa menjadi bermakna
hanya DIA yang mampu menembus raga menjadi berharga
Hanya Dia yang membelai kita dengan rahman dan rahimnya

Multama Nazri said...

lama tak datang, karena lamanya aku berjalan....
aku singgah mbak..melihatmu...
puisi yang bagus...
kesimpulan yang sempurna...

Erik said...

Tulisan yang sarat dan dalam maknanya.
Terima kasih ya Hesra.

goresan pena said...

*mas arif; tepat..Dzat itu memang Illahi..

* Mas goe; nah...itu dia mas...heran bener deh..

* Pak Djoko: pak...saya ini rasanya masih jauh dari Dia...tetapi, kalau sudah dalam kondisi tak berdaya...rasanya baru deh...keinget, mati itu begitu dekat...

* Ullyanov; duhhh...jadi malu saya...terima kasih. ini bukan apa2 kok...pasti dirimu bisa bikin yang jauh lebih bagus...ayo...coba dan tulisa saja...jangan pikir bagus dan tidak...tak ada yang peduli kok...tulisa saja! dengan jujur...

* Bang Budi; hehe...iya tuh...ketahuan...hahahha...becanda ding...

saya pun paling menggaris bawahi kalimat terakhir itu..

*pak Jahid; benar pak..terima kasih sudah mengingatkan kembali

* multama: hei...hows life? kemana aja bung?
anw, thx yah...

*mas erik: terima kasih juga mas...