11 August 2008

kegagalan

tampak begitu gampang,
ternyata sulit,
mengerem diri untuk
meremehkan kemudahan.
hm, dan hasilnya..
gagal.
Tuhan, semoga aku masih
diberi kekuatan dan semangat
bantu aku mencari hikmah
atas kegagalan ini.
satu hal yang baru bisa kupetik
disaat sesuatu itu tampak sulit,
maka usahaku akan kukerahkan semaksimal mungkin
tetapi jika sesuatu itu terlihat gampang diraih,
maka usahaku hanya seperlunya saja.
semoga aku tidak terlena dan buta.
di sini, aku harus belajar lagi..
menggali kepercayaan diri
ternyata tidak mudah, mengakui sebuah kekalahan
mengakui sebuah kegagalan
satu hal lagi,
kemenangaku, ialah di saat aku mampu
mengangkat kepalaku dan mengakui dengan jujur, aku gagal.

10 comments:

Djoko Wahjuadi said...

Ibu, kegagalan itu indah, kalau kita nikmati sebagai 'makanan pembuka' bagi suatu keberhasilan...ha..ha..ha

Jenny Oetomo said...

Kata orang kegagalan itu membuat kita semakin dewasa seperti kerikil yang kita injak tanpa alas kaki memang sakit tetapi faedahnya untuk kesehatan kita, kerikil bukan keri ing sikil he he he, Salam

goresan pena said...

pak djoko... pak oetomo... terima kasih. terima kasih buat support nya..
tapi, kira2 keberhasilan apa yang menanti yah? wong udah gagal kok...hehe, yang jelas... harus re-plan lagi nih...bikin second planning...

timur matahari said...

gagal dan sukses kata orang beda tipis...
perbedaannya hanya pada NILAI..
nilai kejujuran
jujur untuk mengakui
nilai kapatutan
patut atau tidak untuk gagal dan sukses
nilai kesanggupan
kesanggupan untuk bangkit dan bertahan
atau bahkan nilai kesyukuran
orang menang akan merasakan kegagalan sebenarnya ketika dia tidak bisa memahami nilai-nilai sebuah kemenangan dan orang gagal akan merasakan kemenangan ketika dia bisa memahami nilai-nilai kegagalan tersebut..
suatu ketika seorang staff sebuah perusahaan bertaraf internasional telah membuat kesalahan, dan akibat kejadian tersebut perusahaan mengalami kerugian ratusan miliyar.. ketika staff tersebut dipanggil keruangan manager perusahaan untuk mempertanggungjawabkan kesalahannya.. mungkin kita mengira staf tersebut akan dipecat atau bahkan di penjara.. tapi ternyata tidak.. sang manager memeluk dan merangkul staf tersebut.. "jangan takut,, kamu tidak akan saya pecat.. sebab saya telah mengeluarkan uang ratusan milyaran untuk memberikanmu sebuah pengalaman.dan itu tidak pernah saya dapatkan, hanya kamu. dan itu bermanfaat untuk persusahaan saya,jika nanti suatu saat perusahaan ini menghadapi masalah yang sama, setikdaknya aku telah menyekolahkanmu di universitas kehidupan yang sarat akan pengalaman"... itulah nilai sebuah kegagalan dan ternyata masih memiliki nilai

Multama Nazri said...

kegagalan memang hal yang tidak pernah diimpikan semua orang. tapi kegagalan itu sendiri selalu menghampiri orang yang akan meraih kemenangan. bila kegagalan belum pernah singgah pada diri kita, saya pikir kita tidak akan pernah menang. kita paham arti suatu kemenangan karena kita pernah rasakan kegagalan....

goresan pena said...

bambang n multama : teman, aku pikir, tidak semua keberhasilan harus diawali dengan kegagalan. yg jelas, kegagalanku adalah aku gagal utk kuliah lg krn mslh sepele yg bukan karena ketidakmampuanku. menyebalkan..
tapi, gpp. mgkn ada rcn laen yg lbh ok. tp apa? aku hrs memetakan kembali rcn hdp ku... yg jg berelasi dg lingkungan, keluarga dll....

Anonymous said...

ada yang lebih menderita di suatu tempat.
semangat ya!!!!

goresan pena said...

benar... di atas langit masih ada langit...

goresan pena said...

benar... di atas langit masih ada langit...

Erik said...

Kegagalan yang dialami adalah karena kelengahan, menganggap remeh/mudah sesuatu, dan mbak kini sudah menyadarinya. Suatu pengalaman berharga bagi kita yang tidak akan akan kita peroleh dalam bangku sekolah formal.